Inilah Jenis-Jenis Saham Yang Harus Diketahui Para Investor (lifepal.co.id)
Inilah Jenis-Jenis Saham Yang Harus Diketahui Para Investor (lifepal.co.id)

Inilah Jenis-Jenis Saham yang Harus Diketahui Para Investor

Jenis-jenis saham harus kalian ketahui sebelum memulai investasi. Investasi saham bisa dilakukan oleh semua orang dan siapa saja. Semua investor tentu harus berhati-hati sebelum membeli saham termasuk bentuk investasi high risk dan high return.

Investasi saham mungkin akan mempunyai banyak resiko seperti kerugian dan juga keuntungan. Hal tersebut sangatlah wajar apabila kalian melakukan setiap investasi. Tapi bagi kalian yang baru pemula atau mulai menjalankan investasi saham, ada berapa jenis saham yang wajib diketahui investor pemula. Ingin tahu? Langsung saja baca dan simak artikel ini.

Inilah Jenis-Jenis Saham untuk Pemula yang Bisa Kalian Beli

Berbagai jenis saham wajib diketahui dan dipahami, khususnya untuk pemula. Saham sendiri merupakan bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan terbatas. Apabila kalian mempunyai saham, maka kalian akan disebut dengan owner atau pemilik perusahaan.

Sedangkan yang dimaksud dengan bentuk saham merupakan selembar kertas yang telah ditukarkan oleh perusahaan. Selain itu, mengatakan bahwa pemilik kertas yang telah dicantumkan namanya sebagai pemilik perusahaan sesuai dengan porsi tanam dalam perusahaan.

Selanjutnya apabila perusahaan tersebut sehat, maka saham akan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan bisa menghasilkan laba yang besar dan meningkat dengan signifikan. Berikut ini ada beberapa jenis saham untuk pemula yang bisa akan beli.

1. Saham Biasa

Jenis-jenis saham yang wajib diketahui para investor pemula yaitu Saham Biasa atau Common Stocks. Jenis saham biasa ini merupakan jenis saham yang paling umum digunakan bagi para pemula. Sedangkan untuk para pemilik saham biasa berhak mendapatkan dividen saat perusahaan mendapatkan keuntungan, akan tetap tidak diprioritaskan ketika kondisi perusahaan sedang buruk. Selanjutnya jika kalian sebagai pemilik saham, kalian harus tetap mempunyai suara sebesar persentase saham yang dimiliki pada saat Rapat Umum Pemegang Saham.

2. Saham Preferen

Jenis saham yang wajib diketahui para investor sebelum melakukan investasi yaitu saham preferen. Saham Preferen mempunyai karakteristik antara Saham dan Obligasi. Misalnya seperti surat utang, saham preferen bisa memberikan pendapatan yang tetap. Sedangkan penerimaan dividen bagi para pemilik saham Preferen harus diprioritaskan. Akan tetapi, jumlah dari saham ini relatif terbatas dan sulit diperjualbelikan. Selanjutnya bagi para pemilik saham Preferen juga tidak mempunyai hak suara dalam RUPS.

3. Well Known Stocks

Jenis-jenis saham yang wajib diketahui para investor sebelum melakukan investasi adalah Well Known Stocks. Saham yang satu ini salah satu saham yang masuk kedalam kategori Growth Stocks sama dengan Blue Chip. Jenis saham ini secara umum banyak dimiliki oleh perusahaan besar dan yang mempunyai reputasi tinggi.

4. Income Stocks

Jenis saham yang wajib diketahui para pemula berikutnya yaitu Income Stocks. Income Stocks merupakan jenis saham perusahaan yang mampu membayar dividen yang lebih tinggi dari rata-rata tahun sebelumnya. Jangan heran lagi dengan jenis saham yang satu ini jika banyak dilirik. Karena konsistensinya dalam membagikan dividen secara tunai dalam jumlah besar. Akan tetapi, jenis saham ini bukan preferensi para investor pemula dikarenakan pembagian dalam dividen tidak rutin.

5. Lesser Know Growth Stocks

Jenis-jenis saham yang berikutnya yaitu Lesser Known Growth Stocks. Jenis saham ini cukup dan mampu menjanjikan. Akan tetapi, biasanya perusahaannya kurang populer di kalangan emiten saham dan bukan petinggi di dalam industri yang sejenis. Tentunya macam-macam saham bukan hanya itu saja masih banyak lagi seperti jenis saham Speculative Stocks, saham atas unjuk, Counter Cyclical Stocks dan sebagainya.

Jenis-jenis saham diatas wajib kalian ketahui terutama bagi para investor pemula. Sebaiknya sebelum kalian melakukan investasi, harus mengetahui ilmu tentang saham dan jenis saham yang sesuai lain inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.