Berikut Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemula (pinterest.com)
Berikut Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemula (pinterest.com)

Berikut Cara Menabung Saham yang Mudah untuk Pemula

Cara menabung saham merupakan cara terbaik yang dapat Anda pilih dan sangat memberikan sejumlah keuntungan dalam berinvestasi. Ketika Anda melakukan pembelian maupun menabung, maka artinya Anda layak disebut sebagai pemegang saham serta berhak untuk memperoleh keuntungan dalam sebuah perusahaan yang sesuai dengan persentase kepemilikan. Dengan Anda menabung saham, maka keuntungan yang bisa diperoleh akan lebih banyak dari menabung biasa.

Simak Cara Menabung Saham yang Mudah

Saat Anda mendengar kata menabung pasti yang Anda bayangkan yakni bank ataupun sebuah celengan. Tetapi menabung yang satu ini berbeda karena Anda akan menabung dengan saham.

Menaruh aset dalam bentuk saham akan ada kemungkinan untuk bisa mendapat keuntungan yang lebih besar dari adanya kenaikan harga saham. Selain itu juga, Anda juga bisa turut berkontribusi untuk terus menekan angka inflasi di Indonesia. Nah, bagaimana cara menabung saham? Lihat caranya sebagai berikut.

Pahami Strategi

Cara pertama yang harus Anda lakukan yakni dengan memahami strategi menabung saham. Salah satu strategi yang paling terkenal untuk kalangan pemula yaitu dollar cost averaging. DCA adalah suatu strategi pembelian yang ada pada instrumen secara terbaru dengan nominal yang tetap di dalam periode waktu tertentu.

Dengan demikian, Anda bisa mendapat nilai investasi yang seimbang dan jelas menguntungkan. Ada baiknya Anda membeli saham yang harga di pasaran sedang turun, setelah itu bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi. Strategi semacam itu telah dirancang oleh para investor yang akan melakukan investasi jangka panjang. Karena mengingat bahwa DCA bisa mendiversifikasi adanya resiko dari harga saham yang sedang berfluktuasi.

Membuka Rekening Efek

Anda perlu untuk membuka rekening efek terlebih dahulu untuk bisa mulai bertransaksi. Tetapi, membuka rekening ini Anda harus melalui beberapa perusahaan sekuritas maupun broker. Karena di Indonesia telah ada banyak perusahaan sekuritas, maka Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk datang langsung. Ada beberapa persyaratan atau dokumen yang harus dilengkapi seperti

  • Kartu NPWP
  • KTP atau Paspor
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi buku tabungan
  • Materai 6000

Top up Dana pada Rekening Saham

Cara menabung saham yang berikutnya adalah top up dana pada rekening yang sudah Anda buat. Tujuannya untuk bisa mendukung adanya proses pembelian saham nanti. Dana yang sudah diisikan dalam rekening bisa Anda pergunakan untuk membeli saham di bursa efek. Setelah mengisi rekening dengan sejumlah uang, maka Anda akan diberikan ID yang fungsinya sebagai akses pada aplikasi jual beli saham yang ada pada perangkat.

Mengunduh Aplikasi Pembelian Saham

Setelah Anda mendapatkan akses, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengunduh aplikasi yang diperoleh dari perusahaan sekuritas tempat Anda datangi saat membuat rekening. Aplikasi bisa Anda gunakan pada ponsel maupun komputer yang dimiliki.

Tetapi hal itu tergantung pada selera Anda akan melakukan transaksi melalui apa. Dengan adanya ponsel semua hal akan lebih praktis dan mudah untuk dilakukan dan pergerakan setiap saham yang dimiliki bisa terpantau setiap saat dan dimana saja.

Membeli Saham

Menabung saham memang berbeda dengan trading jangka pendek. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli saham, antara lain:

  • Mencermati kinerja saham dari suatu perusahaan
  • Mengamati sentimen pasar
  • Mengamati trend bisnis
  • Melakukan analisa laporan finansial
  • Pahami profil perusahaan dari produk saham yang akan Anda beli

Cara menabung saham di atas bisa kamu amati dan terapkan. Hal-hal semacam itu perlu Anda perhatikan supaya tidak salah saat nanti membeli saham yang sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan lupakan juga bahwa Anda harus tahu seluk beluk perdagangan saham yang ada di Indonesia. Ketika benar dalam melakukan segala cara tersebut maka keuntungan besar yang akan diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.