Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel dan Nikmati Kualitas Suara Terbaiknya

Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel dan Nikmati Kualitas Suara Terbaiknya

Audio mobil menjadi komponen tambahan yang banyak dibutuhkan oleh pengendara. Pasalnya, berkendara sambil mendengarkan alunan musik cukup meningkatkan kembali semangat atau sekadar menemani di kala merasa hening. Contoh audio yang cukup digandrungi belakangan ini adalah tipa 4 channel. Setelah mobil dipasang alat ini, cara setting Power Audio mobil 4 channel sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Pengaturan yang benar bisa membantu penggunanya untuk merasakan kualitas audio yang tinggi. Berikut langkahnya:

1. Mengenal Perangkat pada Audio Mobil

Kenali terlebih dahulu bagian penting dari Power Audio di mobil. Perangkatnya antara lain head unit (ini adalah bawaan dari pabrik), subwoofer, speaker, dan tweeter. Saat melakukan instalasi, subwoofer perlu disambungkan menuju channel rear. Speaker beserta tweeter perlu disambungkan dengan channel front. Pada power dengan 4 channel, LPF berfungsi sebagai pengatur sinyal di suara rendah sedangkan HPF bermanfaat sebagai pengatur sinyal pada suara tinggi. Gain berguna sebagai pengatur besar kecil dari sinyal audio.

2. Menyesuaikan Setting Awal

Putarlah bagian “Gain” di power menuju titik 0, caranya dengan memutar ke kiri hingga maksimal (tidak bisa diputar lagi). Setting awal ini bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan dari power dengan subwoofer serta speakernya. Berikutnya besarkan volume pada head unit hingga nyaris mencapai batasnya.

Ukuran batas ini tergantung dengan batas volume masing-masing alat yang bisa berbeda, sebagai contoh jika batasnya 64 maka putar volume sampai 56 saja. Memang suara yang dihasilkan akan sangat keras, namun cara ini efektif untuk membantu alatnya beradaptasi dengan mesin mobil.

3. Memutar Lagu

Lakukan percobaan suara dengan memutar lagu yang diinginkan. Tujuannya agar bisa mengenal dan memahami bagaimana kualitas suara yang dihasilkan oleh Power Audio-nya. Tidak hanya suara lagu yang memiliki irama nada, pengguna juga bisa memutar video dengan suara orang berbicara, sehingga bisa merasakan bedanya dengan pemutaran lagu. Saat digunakan nantinya, pengguna sudah bisa memperkirakan volume berapa yang pas hingga apa yang cocok diputar dalam situasi hening atau yang lebih ingar bingar.

4. Mengatur Gain Front

Aturlah Gain Front agar lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar suaranya jernih, terdengar lebih nyaman di telinga, dan tidak pecah. Cara setting Power Audio mobil 4 channel selanjutnya yaitu menggeser switch yang ada di HP Front. Tombol ini berguna untuk menghasilkan suara vokal yang lebih bulat, agar tidak terasa seolah-olah ada di tempat lain. Suaranya akan lebih dekat dan nyata sehingga lebih bisa dinikmati selama perjalanan.

5. Memindahkan Gain Rear dan Pengaturan Suara

Pindahkan tombol menuju Gain Rear, kemudian aturlah switchnya. Pengaturan ini bertujuan agar keseimbangan suara yang dihasilkan bisa sesuai dengan Gain Front dan menghasilkan kualitas suara lebih baik.

Cara setting Power Audio mobil 4 channel berikutnya adalah mengatur komposisi suara contohnya seberapa tinggi atau rendah bass yang dihasilkan. Caranya dengan menggeser switch di LPF Rear beserta LPF Front. Pengaturan ini dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi pengguna dalam genre suara seperti apa yang diinginkan.

6. Menurunkan Volume

Turunkan volume pada head unit menuju suara yang paling dirasa nyaman untuk didengarkan. Sekarang pengguna sudah dapat mendengarkan suara yang seimbang, berkualitas, jernih, dan sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Itulah cara setting Power Audio mobil 4 channel tanpa perlu membawanya ke bengkel. Memahami tips seperti ini akan sangat berguna terutama pada kondisi sekarang ketika masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah kecuali untuk urusan mendesak. Bukan saja hemat biaya, namun juga bisa melatih skill untuk menangani keperluan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.