Mengenal Fungsi Carbon Cleaner dan Perbedaannya dengan Injector Cleaner

Mengenal Fungsi Carbon Cleaner dan Perbedaannya dengan Injector Cleaner

Produk yang seringkali digunakan oleh pengguna kendaraan bermotor sebagai pembersih injeksi adalah pembersih injeksi (dikenal dengan Injector Cleaner) serta pembersih khusus karbon (disebut dengan Carbon Cleaner). Fungsi Carbon Cleaner seringkali rancu dengan Injector Cleaner, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan mendasar. Berikut informasi yang perlu diketahui agar lebih memahami perbedaan dari keduanya:

1. Fokus yang Dibersihkan

Perbedaan utama terletak pada fokus pembersihannya. Pembersih injektor memiliki fungsi untuk membuat daerah hole injector menjadi lebih bersih. Tujuannya agar proses pembakaran berlangsung dengan minim gangguan yang dapat menyebabkan gangguan mesin kendaraan. Sementara, fungsi Carbon Cleaner yakni menghilangkan sisa-sisa kerak karbon yang berasal dari hasil pembakaran pada area piston serta throttle body. Karbon sudah semestinya dibersihkan, karena keberadaannya dapat mengurangi responsifitas dan tenaga kendaraan.

2. Cara Pemakaian

Cara menggunakan kedua jenis pembersih ini memiliki perbedaan tergantung dengan jenisnya. Carbon Cleaner yang berupa cairan bisa dicampurkan langsung ke dalam bahan bakar, sedangkan yang pasta dimasukkan langsung ke dalam lubang busi kemudian menghidupkannya dengan disela. Injector Cleaner cair hanya perlu dicampurkan ke dalam tangki bensin, untuk yang tidak berbentuk cair dapat digunakan dengan membuka throttle body lalu dibersihkan memakai pembersih injektornya.

3. Waktu Perawatan

Berdasarkan fungsi Carbon Cleaner dan Injector Cleaner, keduanya mempunyai jangka waktu masing-masing untuk perawatannya. Pembersihan dengan Injector Cleaner biasanya dilakukan dengan rutin tiap beberapa bulan, bisa juga menggunakan patokan jarak yaitu kisaran 4.000 sampai 5.000 km.

Pada perawatan dengan Carbon Cleaner, waktunya lebih singkat karena keberadaan kerak karbon cukup mengganggu. Pada umumnya dalam jarak mencapai 3.000 km sudah disarankan untuk melakukan pembersihan karbon supaya keraknya belum begitu menempel sampai menghalangi mesin.

4. Bentuk

Bentuk umum dari pembersih injektor berupa cairan, meski ada juga yang tidak. Pada pembersih karbon, dua bentuk yang mudah ditemui adalah cair dan pasta. Biasanya produk cair dipakai untuk pembersihan ringan.

5. Risiko Penggunaan

Setiap pemakaian zat kimia memiliki risiko, begitu juga dengan pembersih injeksi dan karbon. Dalam Carbon Cleaner, penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkan masalah karena yang terangkat bukan sekedar keraknya saja, namun juga lapisan pada kepala piston. Apabila lapisan sering terkikis, bisa menurunkan performa dari komponen dalam kendaraan. Risiko yang dimiliki oleh Injector Cleaner terkait dengan kehilangan tenaga, dan bisa mengakibatkan motor tidak bisa dihidupkan.

Oleh karena itu pengendara perlu pengetahuan yang mumpuni sebelum menggunakannya agar tidak sembarangan. Belilah pembersih injektor berkualitas baik sehingga tidak meminimalisir resiko di kemudian hari. Dapat disimpulkan, pemakaian pembersih injeksi lebih berisiko karena membutuhkan keterampilan dan pemahaman. Pembersih karbon lebih mudah digunakan dan minim resiko sehingga dapat dilakukan sendiri oleh pengendara di rumahnya.

6. Harga

Kisaran harga yang diberlakukan untuk Carbon Cleaner yaitu 30.000, lebih murah dibandingkan Injector Cleaner yang umumnya dibandrol dengan harga 50.000 sampai 150.000. Pengendara perlu bijak dalam menentukan pilihan, tidak hanya melihat harga saja namun juga kualitas dari zat yang dimiliki oleh pembersih. Hal ini penting untuk menjaga mesin kendaraan tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai hal yang membedakan Carbon Cleaner dengan Injector Cleaner. Pembeda utama terletak dari fungsi pemakaiannya. Fungsi Carbon Cleaner membersihkan, begitu pula dengan Injector Cleaner namun pada area berbeda di kendaraan bermotor. Perbedaan lainnya terletak dari segi harga, cara penggunaan, risiko, dan juga jangka waktu perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.