Cut Loss Upaya Mencegah Terjadinya Kerugian, Berikut Penjelasannya (economictimes.indiatimes.com)
Cut Loss Upaya Mencegah Terjadinya Kerugian, Berikut Penjelasannya (economictimes.indiatimes.com)

Cut Loss Upaya Mencegah Terjadinya Kerugian, Berikut Penjelasannya

Cut loss merupakan salah satu istilah dalam saham yang perlu Anda ketahui. Strategi pemotongan ini merupakan istilah yang penting untuk kita pahami. Jadi Untuk Para investor wajib untuk mengetahui apa sih yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Saham merupakan salah satu tabungan untuk masa depan yang sangat menguntungkan. Manusia dipaksa untuk memiliki investasi bagi masa depan. Tujuannya adalah untuk membantu mereka mengatasi suatu hal yang tidak diinginkan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Saat ini juga, ada berbagai macam jenis saham yang bisa dijadikan investasi. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi mereka yang ingin memiliki investasi. Sebenarnya bukan hanya saham saja yang bisa dijadikan investasi titik akan tetapi ada jenis investasi lain yang bisa menjadi rekomendasi terbaik. Akan tetapi, semua keputusan kembali kepada Anda.

Cut Loss, Mengapa Penting Diketahui?

Ketahui, istilah ini memiliki pengertian sederhana yakni memotong atau menghentikan investasi guna menghindari terjadinya kerugian. Tetapi, dalam saham memiliki pengertian merupakan suatu keadaan ketika menjual saham yang mana harganya lebih rendah daripada harga belinya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa saham merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang memiliki potensi kerugian cukup besar. Nah, dalam investasi saham sendiri juga terdapat berbagai cara yang sering digunakan. Tujuannya untuk membatasi atau mengantisipasi terjadinya kerugian dan dalam jumlah besar tersebut.

Catatan penting yang harus tetap Anda ingat adalah apabila anda adalah seorang investor maka perlu sekali untuk menentukan cut loss. Mengapa? Supaya nanti Anda tidak mengalami kerugian yang besar dalam memilih untuk investasi berupa saham.

Strategi Pemotongan

Strategi pemotongan ini sudah tentunya harus ada dalam seorang investor bahkan wajib. Manfaat adanya strategi ini, seorang trader tidak akan memiliki pengalaman guna menjaga modal ketika terjadi krisis finansial.

Bukan hanya penting untuk mengetahui mengenai bagaimana cara membeli saham. Anda juga harus mengetahui mengenai bagaimana cara untuk membatasi atau mengatasi kerugian.

Kapan Melakukan Strategi Pemotongan

Perlu Anda ketahui bahwa pertanyaan yang paling sering muncul adalah tentang kapan waktu terbaik untuk melakukan strategi pemotongan ini? Mengenai waktunya, untuk melakukan cut loss ini beda. Tergantung dengan posisi mana Anda berada.

Pada intinya kunci untuk menentukan keputusan ini adalah sebisa mungkin Anda mengetahui bagaimana arah pergerakan saham tersebut. Apakah yg akan naik dalam waktu yang singkat, stagnan, atau malah turun.

Waktu singkatnya adalah kurang lebih 1 tahun atau beberapa bulan. Perlu Anda catat, apabila memegang saham saat itu posisinya lolos akan tetapi dalam waktu 1 tahun harga semula. Artinya anda tidak rugi dana. Melainkan hanya rugi perihal waktu. Alasannya adalah bagi seorang trader satu tahun adalah waktu yang sangat berharga.

Berbeda untuk seorang investor. Langkah ini bisa Anda lakukan ketika sudah terjadi perubahan sifat yang fundamental. Maksudnya adalah, Anda harus bisa dan selalu mengamati mengenai bagaimana kinerja fundamental perusahaan tersebut. Apabila kinerjanya semakin buruk dan tidak memungkinkan untuk kembali naik, maka saat itulah Anda harus melakukan strategi pemotongan.

Selain itu apabila seorang investor mendengar kabar buruk mengenai perusahaan terkait dengan saham maka, bisa melakukan strategi potongan. Apalagi terjadi penurunan IHSG.

Cara Melakukan Strategi Pemotongan

Bukan mengenai kapan waktu terbaik untuk melakukan strategi pemotongan. Tetapi juga banyak pertanyaan yang bermunculan mengenai bagaimana cara melakukan cut loss?

Misalnya adalah ketika Anda sudah memasang batas strategi pemotongan saat terjadinya kerugian di angka 10% dari harga modal. Dengan demikian, kerugian telah sampai pada batas, Anda bisa segera menjual saham tersebut.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara manual. Caranya adalah dengan melakukan pertimbangan bahwa saham yang Anda miliki telah mengalami kerugian yang sangat jauh.

Selanjutnya cara yang kedua adalah dengan menggunakan fitur stop loss otomatis. Fitur tersebut tersedia di platform trading. Fungsi dari fitur ini nantinya akan membantu Anda dalam melakukan persiapan. Secara otomatis juga fitur ini sudah terpasang di level tertentu. Sehingga, ketika Anda sampai pada level tersebut transaksi akan otomatis dihentikan.

Setelah Anda memantapkan untuk menjadikan saham sebagai investasi masa depan. Anda juga perlu mengetahui mengenai cut loss dalam saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.